Mesin Packaging / Pengemas Roti, Kue, dan Bolu

Mesin Packaging / Pengemas Roti, Kue, dan Bolu

Mesin Pengemas Roti, Kue, dan Bolu

Sebelum membahas mengenai mesin, perlu kita ketahui dulu pentingnya suatu kemasan bagi produk

Produk Roti atau Kue Dikemas dengan yang Tidak Dikemas

Terlihat Rapi Higenis

Produk akan terlihat lebih rapi, produk yang dikemas tidak terpapar udara luar ataupun mendapatkan sentuhan langsung.

Tahan Lama

Produk akan lebih awet, kemasan menghalangi bakteri, Protista, ataupun jamur menempel pada produk, sekaligus menghambat perkembangan mikroorganisme lain pada produk. Meningkatkan waktu umur produk sebelum rusak atau memperpanjang tanggal kadaluarsa.

Mempertahankan Kualitas Produk

Aroma produk tidak tercemar dengan udara dari luar. Begitu pula dengan kualitasnya.

Ekonomis & Efisien

Ketiga faktor tersebut meningkatkan harga jual produk. Mengurangi jumlah produk yang tidak terjual akibat rusak ataupun melewati tanggal kadaluarsa.

Daya Tarik

Kemasan memungkinkan kita melalukan branding, menuliskan informasi mengenai produk, dan menambah daya tarik produk.

Mesin Packaging Horizontal Dapat Mengemas Berbagai Macam Produk

Berikut adalah Produk yang bisa dikemas menggunakan packaging tipe horizontal

  • Roti
  • Pia
  • Moon Cake
  • Pie Susu
  • Tart
  • Mi Kering
  • Bolu
  • Cookies ukuran besar
  • Pastry
  • Dan lain-lain

Mesin Packaging dengan Servo Motor

Servo Motor

Servo motor adalah motor yang dapat dikendalikan posisinya dan kecepatannya secara akurat terhadap waktu. Berbeda dengan motor induksi biasa yang hanya berputar ketika mendapatkan daya listrik, motor servo terkendali dengan sangat presisi.

Mesin Pakaging dengan tipe Servo Memiliki keunggulan

Lebih aman bagi tangan

Packaging memiliki pisau yang dipanaskan untuk memotong dan menyegel plastik sehingga membentuk bungkusan kemasan. Jika tangan masuk kedalam pisau ini akan berisiko terjepit menghasilkan luka atau cidera. Sistem servo memungkinkan mesin mendeteksi adanya benda “asing” yang bukan plastik misalkan tangan manusia ataupun produk yang tidak sengaja terpotong. Mesin akan berhenti secara otomatis dan pisau membuka kembali. Sistem ini sering disebut mode pencegahan terpotong.

Mudah Disetel

Mengandalkan kepresisian motor servo packaging dapat “mengejar” sendiri posisi pemotongan yang diinginkan sehingga tidak perlu terlalu banyak memainkan setelan terutama pada fungsi color trace.

Hemat Plastik

Packaging tipe Servo mampu “mengerjar” posisi sehingga mengurangi jumlah plastic terbuang saat setting maupun setelan awal masuk dibandingkan packaging standar dengan motor induksi biasa.

Efisiensi Produk  

Mode pencegahan terpotong pada packaging tipe servo menghentikan mesin secara otomatis jika tidak sengaja memotong produk karena mampu mendeteksi sesuatu bukan plastik yang masuk ke dalam pisau. Tentunya ini mengurangi jumlah ataupun persentase produk yang rusak selama proses pengemasan. Berbeda dengan packaging standar yang tidak mampu mendeteksi produk terpotong dan tetap melanjutkan operasi “gagal bungkus” sampai operator mematikan mesin dan tentunya merusak banyak produk.

error: You are not allowed to copy this page, Thank you.